Pohon Jarak

Pohon Jarak


TANAMAN POHON JARAK


Tanaman jarak merupakan tumbuhan hijau yang tumbuh subur  dan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Pohon jarak merupakan tumbuhan liar. Tanaman ini biasanya terdapat di hutan, tanah kosong, pantai, dan perkebunan. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan batang.
Tanaman ini telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan hampir semua organ tubuh pohon jarak mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Tanaman ini dapat dipilih sebagai bahan alternatif terhadap masalah kesehatan. Hampir smua bagian dari pohon jarak dapat berguna dan bermanfaat.
manfaat pohon jarak
pohon jarak













 Ciri Ciri Pohon Jarak

Batang
Berbatang lunak, beruas, tegak, warna coklat kebiruan, bagian dalam berlubang, permukaan halus, arah cabang miring ke atas.
Pohon jarak mempunyai batang berbentuk bulat licin, berongga.
Ø  Daun
Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun berseling, saat muda berwarna ungu dan setelah dewasa berwarna hijau tua, panjang antara 10-45cm, lebar 20-45cm, tepi bergerigi, pertulangan menjari, permukaan daun mengkilat. Biasanya d

aun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah.
Ø  Bunga
Bunga majemuk, bentuk tandan, bunga muncul di ujung batang, kelopak berwarna hijau, mahkota berwarna mera muda kadang merah.
Ø  Buah dan Biji
Buah kotak, belekuk tiga, berduri, panjang kira-kira 3cm, buah muda berwarna hijau, bentuk dengan biji lonjong, berwarna coklat berbintik hitam, berbuah setelah 2-3 tahun.
Ø  Akar
Tanaman pohon jarak mempunyai akar tunggang.



                MANFAAT TANAMAN POHON JARAK UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA



Pohon jarak, memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai penghasil minyak yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung getah ricin. Di bagian daunnya, tanaman jarak mengandung senyawa amiri, teraksol, kaemfesterol dan stigmasterol. Manfaat dan khasiat daun jarak sudah dari dulu digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit, akan tetapi hanya para ahli herbal yang mengerti pada bagian mana dan bagaimana cara membuatnya agar menjadi obat herbal. Jadi akan sangat penting bagi kita mengetahui cara pengolahannya agar manfaat dan khasiat daun jarak bisa benar-benar dapat menyembuhkan penyakit. Cukup banyak obat-obatan medis yang memanfaatkan tumbuhan ini mulai dari akar hingga daunnya untuk dibuat campuran obat-obatan medis.          
Dan tak lain dikarenakan kandungan yang ada didalam daun itu sendiri, yang memang banyak memberikan manfaat bagi tubuh dan serta mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Ada berbagai macam cara dalam mengolah daun jarak agar menjadi obat herbal yang benar-benar mampu mengobati berbagai penyakit. Ada yang mengolah dengan cara mengukus lalu secara langsung memakannya, seperti makan lalapan ketika makan, atau bisa menumbuknya untuk mengobati luka pada bagian luar tubuh, seperti pada bagian kulit.



Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun jarak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun, buah, getah, batang, biji, dan minyak tanaman pohon jarak ini untuk kesehatan anda.
Berikut adalah informasi manfaat daun, buah, getah, batang, biji dan minyak tanaman jarak, yaitu:
1. Mengobati luka luar seperti sayatan, lecet luka gores.
2. Mengobati penyakit rematik.
3. Mengatasi susah buang air besar atau sembelit
4. Menurunkan demam pada bayi.
5. Mengobati kurap (penyakit kulit).
6. Mengatasi masalah ketombe.
7. Mengobati radang telinga
8. menyembuhkan perut kembung atau masuk angin.
9. memperkuat akar rambut
10.    Mengobati sakit gigi
11.    Mengobati luka sariawan
12.    Mengobati luka pada kulit
13.    Mengobati radang telinga
14.    Mengobati keputihan pada mulut bayi
15.    Mengobati luka kulit agar cepat kering
16.    Mengobati sakit gigi
17.    Mengobati luka sariawan
18.    Untuk menyuburkan rambut
19.    Mengobati penyakit kanker
20.    Untuk mengobati ambeien kronis
21.    Mengobati penyakit koreng akibat jamur
22.    Mengobati gatal-gatal pada kulit


Tapi ada yang perlu diingat bahwa biji jarak mengandung zat ricin, sejenis racun yang cukup mematikan, maka jika biji jarak harus dikonsumsi dalam dosis yang tepat tidak boleh berlebihan.





         

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel