Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew

LAPORAN OJT ALFAMART
SEBAGAI KASIR & CREW












KATA PENGANTAR


Puji Tuhan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makal
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.


Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.

Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.



Jakarta 2019



Penulis






DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR
DATAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. latar Belakang
1.2. Metode Penelitian

BAB II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Perusahaan
2.2. Visi, Misi, dan Kebudayaan Perusahaan
2.3. Tugas dan Tanggung Jawab Store Crew
2.4. Display, Reture

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran – Saran














BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring sarana informasi yang menunjang sangat tidak sulit mencari informasi perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya dapat searching di google, untuk melakukan pemesanan atau hanya lihat – lihat saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan dapat mengaksesnya, di karnakan keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer dengan internet, dengan ini alfamart memberikan kemudahan – kemudahan dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk semua kalangan, dengan membuka gerai di setiap lokasi agar konsumen lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari – hari.

1. Latar Belakang
Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermat. Tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat untuk itu saya ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengan melakukan riset setidaknya saya dapat mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yang ada.

2. Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran langsung kesuatu toko Alfamart, metode pengumpulan makalah ini dari karyawan Alfamart yang ditunjuk, dan websait Alfamart.







BAB II


PEMBAHASAN

2.1. Sejarah Perusahaan

Alfamart merupakan salah satu perusahaan retail local yang saat ini menjadi yang terbaik di Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penghargaan yang diraih dalam kurun waktu 14 tahun sejak didirikanya perusahaan ini.
Tahun 1989 : berdiri sebagai perusahaan dagang aneka prodak oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya di jual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
Tahun 1994 : Struktur kepemilikanya berubah menjadi 70% PT. HM. Sampoerna Tbk dan 30% PT. Sigmantara Alfindo ( keluarga Djoko Susanto )
Tahun 1999 : Alfa Minimart pertama mulai beroprasi di jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
Tahun 2003 : Alfa Minimart menjadi Alfamart.
Tahun 2005 : jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun, semua toko ada di pulau jawa.
Tahun 2006 : PT. HM. Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikanya menjadi PT. Sigmantara Alfindo ( 60% ) Cakrawala Mulia Prima ( 40% ). Mendapat sertifikat ISO 9001:2000 untuk System Manajemen Mutu.
Tahun 2007 : Alfamart sebagai jaringan Minimarket pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat, jumlah gerah mencapai 2000 toko, memasuki pasar Lampung.
Tahun 2009 : Menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 januari 2009 di Bursa Efek Indonesia, gerai mencapai 3000 toko, memasuki pasar bali,
Januari 2010 : jumlah gerai lebih dari 3500 toko.

2.2. Visi, Misi dan Kebudayaan Perusahaan
VISI
MENJADI JARINGAN DISTRIBUSI RETAIL TERKEMUKA YANG DIMILIKI OLEH MASYARAKAT LUAS, BERORIENTASI KEPADA PEMBEDAYAAN PENGUSAHA KECIL, MEMENUHI KEBUTUHAN HARAPAN KONSUMEN, SERTA MAMPU BERSAING GLOBAL.


MISI
Memberikan kepuasan kepada pelanggan yang terfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakan tingkah laku / etika bisnis tertinggi
Ikut berpartisivasi dalam membangun Negara dengan menumbuh kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh serta bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat pada umumnya.

BUDAYA ( 2 I & 3 K )
- I ntegritas tinggi
- I novasi untuk kemajuan lebih baik
- K ualitas dan produktivitas yang lebih tinggi
- K erjasama team
- K epuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang baik
Moto “ Belanja Puas, Harga Pas”

2.3. Tugas Dan Tanggung Jawab Store Crew
· Memberikan pelayanan kepada pelanggan
· Melaksanakan kebersihan
· Mempersiapakan saranan kerja yang disiapakan
· Melakukan pengawasan & pencegahan barang barang hilang
· Menerima penitipan barang
· Penurunan & pengecekan datang barang dari DC
· Pemajangan barang ( Display ) dan pemenuhan dari gudang toko ke area penjualan
· Persiapan retur barang
· Informasi & penawaran program promosi
· Pengecekan barang
· Stock opename

Penyebaran leaflet
· Informasi barang kosong kepada MD / Ka. Toko / Ass. Ka. Toko
· Menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekiltar toko

2.4. Istilah – Istilah Dalam Toko
A. Perisabel : Barang – barang yang dapat perhatian khusus ( Telor dan Roti)
B. BKL : Barang Kirim Langsung
C. DC : Development Center
D. Retur : Pengembalian Barang
E. Display : Memajang Barang
F. FIFO : First in First Out
G. FEFO : First Expire First Out
H. Facking Out : Merapihkan Barang yang ada di rak agar terlihat rapih
I. Pre-Counted : Mencatat sejumlah barang sebelum melakukan SO
J. Planogram
2.5. 5 (lima) item produk rak 3 sheliving 2
A. Kratingdeng
B. Hydrococo
C. C 1000
D. M 150
E. Hemaviton energy
2.6 Standar penampilan pramuniaga dan kasir
a. Celana Jeans hitam panjang
b. Memakai seragam
c. Rambut pendek rapih
d. Kaos kaki hitam
e. Sepatu Warrior (allstar) standar
f. Ikat pinggang hitam
g. Make up standar (wanita)
h. Kerudung hitam polos (wanita)
i. ID card

2.7 Standar ucapan salam kekonsumen
a. Selamat pagi, selamat datang di alfamart
b. Terima kasih, senang melayani anda silaahkan datang kembali
2.8 Fungsi tombol-tombol POS/Kasir
1. F2 : List plu (melihat data harga)
2. F3 : Calculator
3. F4 : Load data
4. F5 : Repprint (menduplikatkan struk pembelanjaan)
5. F6 : Member (infut member)
6. F7 : Return (return barang)
7. F8 : Keluar
8. F9 : Tambah harga
9. F10 : Lap sales (laporan sales)
10. F11 : Clerrek (pergantian shif)
2.9 Alur transaksi
a. Tunai
Pembelanjaan menggunakan uang tunai
b. Debit
Transaksi => Isi data card/kartu=> infut jumlah pembelanjaan => transaksikan dimesin EDC
c. Voucer
Masuk ke menu voucer => pilih voucer => masukan barkot voucer => masukan nilai voucer => enter +
3.0 Mekanisme pembayaran card
1. Debit
Masuk ke menu card => pilih EDC yang akan digunakan => enter => masukan no kartu => enter => gesekan kartu pada mesin EDC => enter =>masukan jumlah pembayaran => enter +
2. Kredit
Masuk ke menu card => pilih EDC yang digunakan => enter => masukan no kartu => enter => masukan kartu ke dalam mesin EDC => masukan jumlah pembayaran => enter +
3. Prepaid
Masuk ke menu SIS => masuk ke menu transaksi => pilih PLN (pembayaran atau pembelian) => masukan NIK dan PIN E-trans => klik masuk => masuk ke menu prepaid => masukan no meter => masukan nominal pembelian token => bayar
1. Maksud clerrek
Penyetoran uang yang dilakukan pada saat penutupan shif dan pengecekan uang cash dengan data yang ada dikomputer
2. Devinisi E-trans
Adalah aplikasi untuk pembayaran atau pembelian transaksi Ecomers contoh (bayar angsuran motor, pembelian pulsa dan pemesanan tiket kereta api)
3. MENU E-TRANS
1. Pembelian
2. Pembayaran
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top up
6. Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7. Pengeriman dokumen/barang
8. Settlement
9. Administrasi
10. Albi 123
11. E-tiket
12. Ambil uang
13. Help
14. Ganti password
15. Keluar
4. Alur pembelian evoucer
Masukan pilyou evoucer yang di inginkan => cashten => masukan no handphone => enter
5. Alur pembayaran painan motor
Masuk ke menu e-trans => masuk ke menu pembayaran => pilih lising yang di gunakan customers => masukan no kontrak (pastikan no kontrak dan nama sesuai dengan data customers)
6. Pengertian settlement
Adalah laporan akhir pembayaran atau pembelian ecomers atau EDC
7. 13 percakapan kasir
1. Salam
2. Sebut nama
3. TSS
4. Ucapkan salam
5. Sebutkan nama
6. Tanyakan kartu member
7. Tawarkan pulsa
8. Tawarkan promo PDM atau JSM
9. Tanyakan pembayaran melalui cash, kredit atau voucer
10. Tawarkan donasi
11. Ucapkan terima kasih
12. Senang melayani anda
13. Silahkan datang kembali


Struktur Yang Ada di Toko


( Gambar Struktur Yang ada di toko )





3.8 KETERANGAN TOKO SEKITAR
1. Strategis
2. Kondisi barang bugus dan rapih
3. Keramahan personil toko sangat ramah pada customers





3.1 Kesimpulan


Dengan perkembangan zaman saat ini.banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari.alfamart sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.yang bertujuan untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pokok masyarakat.


3.2 Saran – Saran


· Di tingkatkan perilaku keramah-tamahan terhadap customer
· Chek kebersihan dari lokasi yang terkecil
· Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada customer




Makalah Ojt AlfaMart Sebagai Crew



LAPORAN OBSERVASI TOKO

ALFAMART BEKASI TIMUR RAYA



Oleh :
Jeni Purwanti

Mengetahui,




LIANA R DEWI (ACOS)



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan Laporan On The Job Training (OJT) Acting sebagai Crew Store. Kegiatan OJT Crew Store ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta Observasi  bagaimana kegiatan operasional yang dilakukan di toko.
PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. atau Alfamart merupakan  perusahaan ritel yang menjual barang kebutuhan sehari-hari secara eceran yang secara langsung proses bisnisnya berupa penjualan barang dagangan di toko. Laporan ini dibuat untuk merangkum hasil praktek dan pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh peserta Observasi ketika berperan sebagai crew store. Pada kesempatan ini  penulis ingin mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan dan bantuan yang diberikan selama penulis melaksanakan OJT terutama teman-teman Team Alfamart Bekasi Timur Raya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, serta seluruh  pihak yang telah banyak membantu penulis dalam kegiatan selama OJT dan memberikan informasi yang penulis butuhkan. Penulis menyadari laporan ini belum sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun agar dapat lebih menyempurnakan laporan ini. Semoga laporan ini dapat memberikan gambaran mengenai keadaan dan kegiatan yang dilakukan di toko dan dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. 


Jakarta 29 Desember 2018
Penulis,



Jeni Purwanti


DAFTAR ISI


DAFTAR ISI










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Kesan Awal Kunjungan Ke Toko


Hari sabtu Tanggal 29 Desember 2018, Saya berkunjung ke Toko Alfamart Bekasi Timur Raya J127 untuk Menjalani Kegiatan On The Job Training (OJT), awal kunjungan ke Toko Alfamart yang jelas pasti saya bingung dan canggung apalagi dengan keadaan dan suasa toko yang begitu ramai.
Sebelumnya saya menjelaskan apa maksud dan tujuan saya berkunjung dan sekaligus meminta izin untuk observasi pada team toko tersebut, setelah di izinkan saya memulai dan mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh trainer satu persatu, setelah selesai mengerjakan tugas-tugas yang di berikan trainer sayapun belajar melayani konsumen bertransaksi langsung di kasir, display barang, dan mengetahui cara transaksi di luar pos atau E-Trans, E-Trans mempunyai berbagai menu transaksi seperti Pembayaran lisieng,telkom,belanja online, dan lain sebagainya.
Saya sangat berkesan berkunjung di Toko Alfamart Bekasi Timur Raya J127 , tokonya ramai, bersih, displaynya rapih, teamnya juga baik dan friendly.







B.     Struktur Organisasi Toko
PT.SUMBER ALFARIA TRIJAYA .Tbk
Organizational structure
Operation Division
Operational General Manager
TRI PRASETYO

Branch Manager
RINEKSO WIDYANTO

Deputi Branch Manager
-

Area Manager
IIP RAFI’I

Area Kordinator
WAHYU KUSNANDAR

EDI JUNAEDI

MOH. SOLEH

LIANA R DEWI

KORI

Crew Store

1. ABDUL HARIS BUGIS
2. MOHAMMAD RIYAN


3. APRITA
4. VERA NUR ANDHIKA
5. NUR PITA


 

























C.     Lokasi Toko

1.      Alamat Toko
Jl. Bekasi Timur Raya, RT.8/RW.8, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13250

2.      Denah Lokasi Toko

Area Coverage
Sat Bekasi Timur Raya
 



                            Gambar: Area Coverage

Keterangan :
Sub I                 : 320 KK
Sub II                : 196 KK
Sub III              : 156 KK
Sub IV              : 148 KK
Sub Total         : 829 KK

3.      Lingkungan Sekitar toko

       Alfamart Bekasi Timur raya berada di sebrang stasiun klender, dengan keadaan jalan yang ramai dan padat akan kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang sering mengakibatkan kemacetan setiap saat, namun di sisi lain dengan keramaian tersebut akan berdampak positif bagi toko, karena tidak sedikit masyarakat yang berhenti sejenak untuk berbelanja maupun bertransaksi elektronik, konsumen dan masyarakat sekitar toko sangatlah ramah.

D.    Kondisi dan Kebersihan fisik luar dan dalam toko












Gambar: Kondisi Fisik Luar Toko

       Area luar toko dibersihkan setiap hari sebelum toko buka dan juga malam hari setelah toko tutup, kondisi area luar toko dipagi hari cukup bersih, tidak terdapat banyak sampah , namun pada siang hari sampah mengalami akumulasi yang lumayan banyak, serta debu, sehingga setiap pergantian shift, para crew di wajibkan untuk melakukan  pembersihan area luar toko untuk menjaga kebersihan area luar toko. Dari bagian luar toko terlihat bersih dari mulai area lantai luar, kaca pintu dan area parkir semua bersih.




*      Dalam Toko
Kondisi Fisik Dalam Toko










      Kondisi fisik dalam toko terlihat bersih barang-barang terdisplay rapih, music on, area kasir rapih dan bersih, bagian  gudang juga tertata rapih, kantor ruangannya sangat brsih dan rapih, kamar mandi bersih airnya jernih dan wangi, tetapi ada sedikit yang kurang, yaitu AC kurang  dingin sehingga menyebabkan Panas di dalam rungan toko.














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Gambar Layout Toko












Gambar : Layout Toko









B.     Display and Product Knowledge

1.       Dua Item atau produk di setiap rak

No
Nama Produk
Label
1.









2.








3.










4.











5.








6.









7.








8.







9.













10.





Indomie Goreng Rendang



Mie Sedap Rasa Ayam Bawang









ABC White Coffe Instant





style="display: block; text-align: center;">








Kapal Api Kopi Special












Silverqueen bites Cashew







Cha Cha Milk Chocolate








Close Up PG Fresh Max Green


Pepsodent PG Act 123 Herbal






Soklin Softergen Pink 800 gr












Detergen Daia Bunga 900 g


Rp. 2500
Indomie Grg Rendang
120193/8968691070
005-03-09-A-03-2/
F RH-60                011218 





Rp.   2500
Mie Sedap Ayam Bawang
115372/8968601103
005-05-12-A-02-1/
M RH-60               011218




Rp. 13.200
ABC White Coffe Instant
125516/89910021033
004-03008-A-02-1/ 
B RH- 90              011218






Rp. 6300
Kapal Api Kopi Special 65 g
7496/899100210543
004-05-16-A-07-1/
B RH-90               011218






Rp. 10.500
Silverqueen bites Cashew
100084/89910011160
026-02-04-A-02-1/
B RH-30             091218




Rp. 6600
Cha Cha Milk Chocolate
121957/899100150311
026-03-07-A-03-1/
B RH-30              112118





Rp. 15900
Close Up PG Fresh Max Green
195134/899999970785
042-05-13-T-07-3/
O RH-30               071218



Rp.19400
Pepsodent PG Act 123 Herbal
117226/899999971088
042-06-19-T-08-3/
F RH-60               261218


Rp. 15700
Soklin Softergen Pink 800 gr
244971/899886660731
035-05-17-A-01-2/
F RH-60               261218








Rp. 16.200
Detergen Daia Bunga 900 g
116249/899886660855
035-06-21-A-02-1/
B RH-60              251218



Keterangan:

















2.       Item Barang Yang Memiliki Margine Tinggi

 Berikut 100 item barang yang memiliki margine tinggi.
1.      KP BRANDING L
2.      KP BRANDING M
3.      KP BRANDINGS
4.      INDOMIE GORENG ACEH 90G
5.      INDOMIE GORENG (GSS) 84G
6.      AQUA AIR PET 600ML
7.      SARI ROTI SW COKLAT 49G
8.      SARI ROTI BAMKUHEN COKELAT
9.      PUCUK HARUM TEHPET 350ML
10.  BEAR BRAND ORIGINAL CAN 189ML
11.  ULTRA MILK UHT COKLAT 250ML
12.  KG MALKIST SEAWEED 135G
13.  ALFAMART AIR PET 600ML
14.  AQUA AIR PET 330ML
15.  ULTRA TEH KOTAK JASMINE 200ML
16.  INDOMIE SOTO MIE 70G
17.  TROPICAL MYK GRG PCH 2L
18.  WALL’S P POP RAINBOW POWER
19.  LE MINERALE AIR PET 600ML
20.  WALL’ POPULAIRE CHOCO 90ML
21.  GMP GULA 1KG
22.  INDOMIE KARI AYAM 70G
23.  ULTRAMILK UHT COKLAT 200ML
24.  MYROTI TAWAR FUNWARI 8S
25.  WALL’ SP POP DUO ANGGUR 72ML
26.  INDOMIE AYAM BAWANG 69G
27.  SOSRO TEH BOTOL ORI PET 350ML
28.  TANGGO WFR CHOCOLATE PCH 115G
29.  WALL’ S POPULAIRE STR 90ML
30.  SARIROTI SOBEK COKLAT
31.  YOU C1000 ORANGE BTL 140ML
32.  YAKULT
33.  WALL’SP POP BANANA BOAT 42ML
34.  GOOD DAY FUN MOCACINNO PET 2S
35.  SARI ROTI TAWAR SPECIAL
36.  SARI ROTI SW CREAM KEJU 49G
37.  AQUA AIR PET 1500M
38.  MATERAI 6000
39.  SANIA MYK GRG PCH 2L
40.  HAPPY TOS MERAH 160G
41.  SIDOMUNCUL TANGIN SAC 15ML
42.  MASKU MYK GRG EKONOMIS PCH 1L
43.  SEDAAP MIE GRG AYAM 92G
44.  HAPPY TOS HIJAU 160G
45.  WALL’S FEAST COKLAT 65ML
46.  WALL’S FEAST VANILLA 65ML
47.  MR HOTTEST MATTOS TRL BLD 140G
48.  INDOMIE GRG RENDANG 91G
49.  SARI RITI SOBEK COKLAT KEJU
50.  ICHITAN THTAI MILK TEA PET 310ML
51.  POP MIE GRG AYAM GLEDEG CUP
52.  WALL’S CORNETTO BLK NWHT 85ML
53.  ULTRAMILK UHT COKLAT 125ML
54.  WALL’S SP POP TWISTER MR SML
55.  FORVITA MARGARINE SAC 200G
56.  ROOT BEER BTL 250 M
    +
57.   
58.  cH











Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel